Seputar Peradilan

Pengadilan Agama Cibinong menghadiri pelaksanaan Upacara Peringatan HUT Mahkamah Agung ke- 76 Tahun
dan Anugerah Mahkamah Agung 2021 secara Virtual

Pengadilan Agama Cibinong menghadiri pelaksanaan Upacara Peringatan HUT Mahkamah Agung ke- 76 Tahun dan “Anugerah Mahkamah Agung 2021” secara Virtual. Mahkamah Agung menyelenggarakan upacara bendera di halaman gedung Mahkamah Agung pada pukul 08.00 WIB.Upacara dipimpin langsung oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, Prof Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H. Biasanya, Upacara upacara diikuti langsung oleh seluruh pimpinan, Hakim Agung, Hakim Ad-Hoc, Pejabat Eselon 1-4, Pejabat Fungsional, dan seluruh pegawai. Namun, kali ini, untuk kedua kalinya di masa pandemi ini upacara hanya diikuti oleh jajaran Pimpinan dan Pejabat Eselon 1, sedangkan yang lainnya termasuk para insan peradilan di seluruh Indonesia mengikuti upacara secara virtual.

WhatsApp Image 2021 08 19 at 17.27.501

Ketua Mahkamah Agung RI sedang memberikan Amanat dalam rangka HUT MA RI ke 76 [Foto : Imam]

Mahkamah Agung mengambil tema “Memantapkan Kemandirian Badan Peradilan melalui Pelayanan Hukum Berbasis Teknologi Informasi Pada Masa Pandemi”. Tema tersebut, menurut Prof. Syarifuddin dalam pidatonya, mengisyaratkan tentang pentingnya aspek kemandirian dalam proses penyelenggaraan peradilan, karena dalam menegakkan keadilan, kemandirianlah yang menjadi jantungnya, sekaligus juga sebagai detak nadinya.

Kemandirian, lanjut Prof. Syarifuddin bukan saja harus dijaga dengan baik, melainkan juga harus dijunjung tinggi sebagai marwah dan kehormatan lembaga peradilan. Karena, tanpa dibekali dengan kemandirian, mustahil keadilan dapat terwujud dan proses penegakan hukum akan kehilangan ruhnya, sehingga pada akhirnya lembaga peradilan hanya akan menjadi alat pemuas bagi pihak-pihak yang memiliki kepentingan.

WhatsApp Image 2021 08 19 at 17.27.50

Ketua, Wakil Ketua, Panitera, Sekretaris PA Cibinong mengikuti upacara HUT MA RI ke 76 secara virtual [Foto : Imam]

Setelah Upacara Peringatan HUT Mahkamah Agung ke- 76 Tahun acara dilanjutkan dengan “Anugerah Mahkamah Agung 2021”. Mahkamah Agung bersama Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Hukumonline mempersembahkan “Anugerah Mahkamah Agung 2021” yang digelar secara daring. Anugerah Mahkamah Agung 2021 merupakan apresiasi yang diberikan kepada Pengadilan-pengadilan serta advokat dan juga hakim mediator dalam memanfaatkan peradilan elektronik (E-Court), pelaksanaan Gugatan Sederhana dan juga pelaksanaan Mediasi.

Juara

Pengadilan Agama Cibinong mendapatkan Anugrah MA [Foto : Imam]

 

Adapun Pengadilan Agama Cibinong berhasil meraih peringkat pertama kategori Pelaksanaan Gugatan Sederhana Pengadilan Kelas I A Peradilan Agama seluruh Indonesia dengan nilai 82,10 dan masuk nominasi 7 besar Kategori Pengadilan Terbaik dalam Pelaksanaan Mediasi Kategori Pengadilan Kelas I A Peradilan Agama seluruh Indonesia. Hal ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi Pengadilan Agama Cibinong untuk terus memberikan layanan yang terbaik, terus melakukan perubahan positif sebagaimana pidato Ketua Mahkamah Agung RI Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H. dalam HUT Mahkamah Agung RI ke-76

"Sesulit apapun kondisi yang kita alami saat ini, jangan sekali-kali menyurutkan tekad untuk tetap berbuat yang terbaik dan terus melakukan perubahan yang positif, karena tidak ada kemajuan dan kesuksesan yang bisa dicapai tanpa diawali dengan sebuah perubahan.

Mulailah dengan perubahan yang kecil untuk mewujudkan sebuah cita-cita yang besar."

Acara HUT Mahkamah Agung RI ke-76 diakhiri dengan menonton bersama film “Pesan Bermakna” yang diangkat dari kisah nyata buku "Catatan Di Balik Toga Merah" karya DY

 WhatsApp Image 2021 08 19 at 17.52.52

Witanto, Emtek Digital bekerjasama dengan Mahkamah Agung RI mempersembahkan film "Pesan Bermakna". Film yang dibintangi Doni Alamsyah dan Vonny Anggraini ini berkisah tentang integritas seorang Hakim, ketika dihadapkan pada dua pilihan. Keteguhan dan pendirian kuat seorang Hakim pun diuji.